Sabtu, 20 Oktober 2012

Keris

Keris

Keris
Keris
Keris adalah senjata yang berasal dari kawasan nusantara berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya dan paling dikenal di tratah tanah Pulau Jawa, pada jaman Kerajaan keris merupakan sebagai alat untuk berperang antar kerajaan untuk perebutan atas perluasan tanah kekuasaan.

Penggunaan keris menyebar pada masyarakat penghuni wilayah yang dipengaruh oleh Majapahit, seperti di Pulau Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, pesisir Kalimantan, sebagian Sulawesi, Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan (Pulau Mindanao). Keris Mindanao dikenal sebagai kalis. Keris di setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam penampilan, fungsi, teknik garapan, serta peristilahan.

Tetapi Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia sejak tahun 2005

Asal-usul keris Sebetulnya belum sepenuhnya bisa dijelaskan  karena tidak ada sumber tertulis yang deskriptif mengenainya dari  sebelum abad ke15 dan meskipun penyebutan istilah "keris" telah tercatat pada prasasti pada abad ke 9 Masehi. Menurut kajian ilmiah dalam perkembangannya  bentuk keris kebanyakan didasarkan pada analisis figur di relief bangunan candi atau patung. Sementara itu, pengetahuan mengenai fungsi keris dapat dilacak dari beberapa prasasti dan laporan-laporan penjelajah asing Nusantara.

Sumber dari : http://id.wikipedia.org












0 komentar:

Posting Komentar